Keraton Kesultanan Paser atau Kerajaan Sadurengas

27 Agu

image

Situs istana kerajaan jaman dulu ini terletak di pingging sungai Kandilo, tidak jauh dari Tanah Grogot, ibukota kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Tepatnya di kecamatan Pasir Belengkong, sekitar 300 meter dari jembatan Kandilo, jembatan jalan utama penghubung Tanah Grogot-Batulicin. Berdampingan dengan masjid kesultanan, terbuat dari bahan kayu bermutu tinggi. Kayu merupakan kekayaan yang melimpah di wilayah ini dulunya.

image

Istana Kesultanan Paser di tahun 2013

image

Istana Kesultanan Paser pada tahun 1925

Potret istana Kesultanan Paser pada 2 jaman yang berbeda. Pepohonan kelapa sekitar istana sudah tidak ada, padat dengan perumahan penduduk.

image

Keraton Kesultanan Paser sekarang telah menjadi Museum Sadurengas dan dipugar pada tahun 2008. Museum Sadurengas menempati bangunan bekas rumah salah satu Sultan Paser, yaitu Aji Tenggara (1844-1873). Pada awal abad ke-19 bangunan ini menjadi Istana Sultan Ibrahim Khaliludin. Bangunannya membentuk rumah panggung yang dalam bahasa Paser disebut ‘Kuta Imam Duyu Kina Lenja’ yang berarti rumah kediaman pemimpin yang bertingkat. Keraton kesultanan Paser menghadap ke barat ke arah tepi sungai Kandilo yang menjadi urat nadi transportasi umum di jaman keemasannya.

image

Ruangan utama di dalam keraton kesultanan Paser, 2013.

image

Ruang utama di dalam keraton kesultanan Paser, 1930.

Perhatikan dua patung bouroq yang mengapit tangga sultan, masih utuh hingga hari ini.

Satu Tanggapan to “Keraton Kesultanan Paser atau Kerajaan Sadurengas”

  1. E_sri (@Blethak) 8 Oktober 2015 pada 10:54 AM #

    tahun 2008 dipugar oleh siapa ya? trz bisa tahu penelitian apa saja yang pernah dilakukan di museum sadurengas? dan nama yang betul itu sadurengas atau sadurangas ?

Tinggalkan komentar