Serbuan Minimarket di Tanah Grogot

2 Mei
image

Alfamidi Tanahgrogot

Seminggu yang lalu mulai beroperasi minimarket Indomaret di kota Tanah Grogot. Benar-benar persaingan sengit di sektor toko retail jaringan. Padahal baru beberapa bulan minimarket Alfamidi buka perdana di Tanah Grogot. Pembukaan Alfamidi dan Indomaret membikin suasana kota ini makin hidup dan bergerak sekaligus meramaikan bisnis toko retail. Tentunya sesuatu yang baru karena jenis toko retail jaringan. Sebelumnya di sini hanya ada minimarket lokal seperti Ardhamart, Benua Serbu, dan lain-lain. Konsep toko retail modern seperti Alfamart, Indomaret, dan Alfamidi berbeda dengan minimarket tradisional dimana toko retail modern dikelola lebih profesional dan menawarkan kenyamanan belanja kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga bersaing dengan toko dan minimarket tradisional. Secara nasional untuk sektor toko retail atau minimarket memang didominasi oleh duo Alfamart dan Indomaret.

image

Indomaret Tanahgrogot

Munculnya Alfamidi semakin meramaikan persaingan bisnis. Alfamidi mengusung konsep baru dengan menambahkan item fresh food atau produk segar seperti buah-buahan dan sayuran di rak etalasenya. Sedikit berbeda dengan Alfamart dan Indomaret yang murni hanya groceries atau barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Indomaret sendiri merespon munculnya Alfamidi dengan mengembangkan Indomaret Fresh meskipun jumlahnya baru sedikit. Konsumen kini memiliki preferensi belanja berubah seiring dengan semakin banyaknya kelas menengah. Mereka cenderung berbelanja ke tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggal namun memperhatikan tingkat kenyamanan berbelanja. Frekuensi belanja pun bergeser dari belanja bulanan menjadi belanja mingguan bahkan harian.
Kini di Tanah Grogot hadir 2 buah minimarket Alfamidi dan 2 buah minimarket Indomaret. Keempat empatnya hadir di lokasi yang tidak berjauhan. Apakah nanti muncul juga minimarket Alfamaret?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: