Bayar Pajak di Samsat Lagi

23 Apr

Untuk edisi perdana aku membayar pajak sepeda motor di Samsat kabupaten Paser. Sebelumnya sudah bersiap dengan fotokopi KTP dan BPKP dua lembar juga fotokopi STNK. Karena masih kagok, merasa asing, aku tidak langsung masuk. Bertanya kepada seorang pria yang sepertinya tengah menunggu cek fisik sepeda motor. Dia berkata bahwa ada petugas di pintu masuk depan yang akan melayani. Aku pun bergegas ke sana dan betul, ada seorang petugas di depan pintu masuk ruangan, tampak sebagai seorang resepsionis. Dia menanyakan keperluanku. Aku menjawab untuk membayar pajak sepeda motor. Dia mengeluarkan sebuah map putih dan memeriksa salinan dokumenku. Padahal sudah kusiapkan map kertas dengan warna yang sama waktu dulu membayar pajak di Samsat Pangkalan Bun. Lain tata caranya ternyata. Dinyatakan dokumenku sudah OK, aku disuruh masuk menuju loket nomer 4 dan diberi nomer antrian yg diprint. Cetakan nomer antrian mirip seperti bank atau di parkiran Hypermart. Hebat, aku sangat salut atas pelayanan Samsat Grogot dimulai dari pintu masuk. Begitu masuk, semua bangku tempat duduk antrian terbuat dari pelat logam krom, lagi-lagi seperti di bank. Aku amat sekeliling, ruangan antrian pelayanan Samsat dilengkapi dengan 2 AC split di dinding, posisi aktif. Ada juga 2 unit AC tower, 1 sudah terinstal 1 lagi masih terbungkus plastik belum terinstal. Aku acungi jempol lagi karena tidak lagi pakai kipas angin. Antriannya juga tidak lama, sayangnya mengkalibrasi. Kerennya lagi tertera di dinding standart pelayanan samsat. Untuk membayar pajak tahunan standartnya adalah 15 menit. Salut, pantas mendapat acungan dua jempol untuk Samasat Grogot. Terasa bahwa aparat pemerintahan memang berniat melayani warga negara yang taat membayar pajak. Mudah-mudahan bisa ditiru oleh samsat di kabupaten yang lain. Entar kalau ada pengalaman samsat kabupaten lainnya yang lebih bagus, akan aku ceritakan. Bagaimana dengan pengalaman anda.

Tinggalkan Balasan

