Update OS Blackberry ke Versi 10.3

8 Mar

image

Kabar tentang software operating system BlackBerry 10.3 sudah lama tersiar. OS tersebut mengemukaka di masa rilis blackberry passport dan blackberry Q20. Fitur utama utama pada OS Blackberry 10.3 menurutku adalah voice assistant mengikuti jejak Siri iOS, Cortana Windows Phone, dan Google Now. Namun sudah kucoba menggunakan voice assistant masih kurang impresif. Mungkin aku saja yang belum tahu sela-selanya. Fitur utama kedua adalah konektivitas handset blackberry dengan perangkat komputer desktop atau laptop dan table android atau ipad. Aku menjajal koneksitas BB Q10 dengan laptop Windows 8.1 dengan Blackberry Blend. Semula mengalamai kendali meskipun sudah saya instal BB Blend baik di handset BB Q10 maupun di perangkat laptop HP Pavilion dengan OS Windows 8.1. Usut punya usut ternyata perangkat lunak BB blend di handset perlu diupdate dengan versi terbaru. Padahal tidak ada notifikasi permintaan update di perangkat Q10 juga di BlackBerry World.
Gadgetku sendiri sudah aku update OS dua kali. Pertama versi kedua dari OS BB 10.2 lantas yang kedua OS BB 10.3. Pada awalnya. Tidak menyangka Q10 bakal mendapat update OS BB 10.3. Karena sudah aku set otomatis update maka tatkala secara OTA sudah ada update, handset Q10 mengunduh update tersebut. Ini memerlukan usaha keras pasalnya tempat tinggalku miskin sinyal. Usaha pertamaku mendownload update sebesar 1 GB. Sudah selesai download dan install tapi anehnya masih belum muncul OS BB 10.3. Malahan minta download lagi sebesar 1.5 GB. Ini bukan perkara sepele di dunia sinyal EDGE, tidak mudah mencari sinyal 3G kecuali ke kota atau mencari lokasi tertentu. Untungnya sewaktu turun belanja ke kota sempat mendownload lumayan besar hingga 1.3 GB. Sisanya aku selesakan dengan mencari lokasi dekat boiler yang kuat menangkap sinyal 3G. Setelah selesai instalasi update OS BB 10.3 dan setting perangkat, lanjut download BB Blend untuk Windows.

image

Memakai BB Blend serasa memindahkan display handset BB ke monitor komputer. Koneksi seamless seperti yang dijanjikan Blackberry ternyata tidak semulus yang aku bayangkan. Masih terasa ada lag, padahal koneksi dengan laptop memakai kabel usb. Mungkin pengaruh jaringan data seluler. Namun perlu dicatat BB Blend hanya mengakomodasi fitur yang native di OS BB seperti BBM, sms, email, dan file browser. Semoga ke depan semakin banyak yang diakomodir misalkan facebook, twitter, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: