Ganti Handle Grips

15 Feb

image

Seli yang sudah menemaniku beberapa tahun ini memiliki problem klasik sejak diambil dari toko. Sederhana saja, grip stang yang lebih pendek, sebelah kanan suka bergeser. Padahal grip tersebut terbuat dari bahan karet dan dimensinyaa ketat. Harusnya menggigit pipa stang dengan kuaat. Apalagi nama besar Polygon pasti tidak mengecewakan, Quality Control di atas rata-rata. Semula kuabaikan dengan mengembalikan posisi handle grip jika bergeser. Terlebih saat dicengkeram dengan kuat. Lama-kelamaan menjengkelkan ditambah lagi kadang handle grip sebelah kiri ikut bergeser.
Tadi pagi ada jalan ke Grogot mampir ke toko sepeda untuk mencari sadel sepeda mini putriku. Toko pertama yang disamperin tidak menyediakan aksesoris dan spare part sepeda yang lengkap. Berpindah ke toko sepeda langgananku dekat plasa, penjaganya seorang pria paruh baya, terlihat sangat menguasai ikwal dagangannya. Dia menawarkan beberapa sadel. Melihat roman mukaku yang tampak tidak terrtarik, pak tua menyodorkan sebuah sadel buatan Family. Kuamati dengan detail, kualitasnya di atas sadel-sadel tadi. Pasti harganya di atas juga, aku bergumam. Betul juga dugaanku, lebih mahal sepuluh ribu. Kutebus sadel Family dengan pameo ada harga ada rupa. Iseng-iseng kutanya handle stang sepeda sambil kupegang beberapa dari etalase. Riak wajahku kembali menunjukkan ekspresi agak kecewa. Semua handle grip buatan China dan kelihatan bermutu di bawah rata-rata. Aku bertanya ke pak tua bahwa apakah ada handle stang untuk sepeda lipat. Sejenak ia berpikir, sejurus kemudian meraih sebuah kotak hitam dan menyodorkannya padaku. Kucermati dengan teliti, bermerk Polygon dengan mutu yang meyakinkan saat kutimang. Lagi-lagi lebih mahal 5 ribu dari handle grip lainnya.
Sebelum siang mencapai puncaknya, sepeda motor kugeber pulang ke rumah. Pada sore hari yang cerah berawan, kupasang sadel Family ke sepeda mini dan kuganti handle grip seli Polygon. Handle grip pendek sebelah kanan mudah saja dilepas. Kelar memasangnya, giliran handle grip panjang sebelah kiri. Ini belum pernah aku lepas semenjak beli. Dilepas juga agak mudah, tetapi ada yang aneh ada debu pasir halus yang menempel rata di pipa stang tertutup oleh handle grip kiri. Aneh sekali, setelah kuanalisa ternyata ini biang kerok handle grip tidak mencengkeram erat terhadap pipa stang. Pabrikan Polygon tidak mungkin melakukannya sebab bukan standart industri yang layak. Selain itu, sepeda dikirim ke toko dalam bentuk terurai. Dirakit oleh pemilik toko, aku perrnah melihatnya sendiri. Kukira mereka mencari cara mudah dan cepat dengan memberi bantalan butiran pasir sehingga grip karet itu bisa dimasukkan ke stang sepeda. Namun ada efek negatifnya, seiring waktu pasir mengikis permukaan karet handle grip. Makin lama akhirnya handle grip tidak lagi memegang pipa stang dengan kuat. Penjual sepeda yang tidak jujur menurut aku dari sudut pandang pembeli. Sulitnya memasang handle grip sepeda Polygon aku rasakan sendiri saat memasangnya. Memerlukan tenaga yang besar bahkan telapak tangan sampai muncul gelembung akibat melepuh. Makanya aku yakin pasti tidak akan mudah bergeser lagi saat dikendarai. 

2 Tanggapan to “Ganti Handle Grips”

  1. cakteguh 12 Maret 2015 pada 11:03 PM #

    Harganya berapa gan?

  2. cakteguh 12 Maret 2015 pada 11:04 PM #

    Kalo boleh tau, harganya berapa gan handgripnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: