Hari Pahlawan 10 November

15 Nov

Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan 10 November. Memperingati heroisme bangsa Indonesia kala mempertahankan kemerdekaan dalam pertempuran Surabaya 10 November 1945 melawan Belanda dan Sekutu. Peringatan sejarah 10 November sangat mendalam bagiku. Tatkala aku masih SD di kampung, masih segar dalam ingatan orangtuaku ditarik sumbangan dalam rangka pemutaran film layar tancap. Acara tersebut akan digelar di lapangan bola kecamatan, film nasional pertempuran 10 November. Pertunjukan film layar tancap di kampung saat itu sangat kesohor. Maklum layar tancap di bioskop tak terjangkau tiketnya oleh masyarakat biasa. Namun jalan cerita film tersebut tidak memberiku pemahaman sejarah secara utuh. Maklum dalam cerita pertempuran hanya ada dua pilihan, menang atau kalah. Film tersebut tidak menunjukkan dengan jelas apakah pihak Indonesia menang meskipun di babak akhir cerita ada tersirat perlawanan pasukan Indonesia memperoleh kemenangan.
Jalans sejarah yang lengkap baru aku ketahui setelah sekolah SMP. Di perpustakaan ada buku referensi yang cukup tebal yang memuat sejarah pertempuran 10 November 1945. Pemahaman pelajaran sejarah Hari Pahlawan lebih dalam lagi terbenam dalam memori saat mendapat mata pelajaran Sejarah di kelas 2 SMU. Guru sejarah tersebut sangat macho, memiliki badan yang mirip binaragawan. Maklum, beliau juga instruktur gym di kota. Gaya mengajarnya juga sangat menarik. Beliau membentuk kelompok belajar di kelas, terdiri atas sekitar 5 siswa per kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat makalah yang membahas tema sejarah perjuangan kemerdekaan. Aku ingat buku bertopik sejarah pertempuran 10 November di perpustakaan SMP. Hanya buku referensi itu yang membahas secara lengkap salah satu babak sejarah perjuangan kemerdekaan yang aku ketahui. Setelah semua anggota kelompok sepakat dengan usulanku untuk angkat topik sejarah pertempuran 10 November, aku meminta bantuan salah satu anggota kelompok yang dekat dengan salah satu guru SMP guna meminjam ke beliau buku tersebut. Akhirnya tugas kelompok selesai kami kerjaan dengan memuaskan. Bahkan sebagian dari makalah tersebut dijadikan materi ujian pelajaran oleh pak guru.
Belum lama ini, baru aku ketahui ada dua jendral pasukan Inggris yang tewas dalam pertempuran 10 November di Surabaya. Dari awal baca sejarah yang aku ketahui adalah Brigjen AWS Mallaby, komandan Brigade Infanteri Ke-49 Inggris. Dia tewas dalam suatu pertempuran di depan gedung Internatio. Akhir-akhir ini baru aku ketahui jendral yang juga tewas adalah Brigjen. Robert Guy Loder-Symonds, komandan Divisi Ke-5 Artileri Inggris. Dia adalah salah satu pahhlawan Inggris di PD II. Mendapat medali perang dari pemerintah AS atas peran pasukan artilerinya dalam pertempuran Arnhem Belgia melawan pasukan Jerman pada 17-25 September 1944. Dia tewas setelah pesawat tempur Mosquito yang ditumpanginya tertembak jatuh saat survei udara. Benar-benar pertempuran yang mengguncang angkatan perang Inggris meskipun akhirnya mereka berhasil menguasai kota Surabaya. Pertempuran 10 November disebut pasukan Inggris sebagai inferno  (neraka) baginya.

Satu Tanggapan to “Hari Pahlawan 10 November”

  1. Diptra 16 November 2014 pada 8:24 PM #

    Waa coba ceritanya dibikin seseru Rurouni Kenshin. Jadinya Surabaya Inferno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: