Selamat Hari Blogger Nasional

27 Okt

Hari ini adalah hari besar tidak resmi bagi pegiat penulis online Indonesia, Hari Blogger Nasional. Penetapan secara tidak tertulis pada tanggal 27 Oktober 2007 oleh Menkoinfo M. Nuh pada saat hadir pada acara Pesta Blogger 2007 di Blitz Megaplex Jakarta. Media blog pada saat itu memang sangat dominan untuk menunjukkan eksistensi dan aktualisasi diri di dunia maya. Kini terasa aktivitas blogging sangat menurun dibandingkan masa keemasannya pada tahun 2007. Terjadi migrasi media sosial digital ke facebook, twitter, instagram, dan whatsapp. Diiringi kapitalisasi pasar yang sangat kuat pada media sosial tersebut.
Blogger yang tersisa saat ini tinggal orang-orang yang memiliki bakat dan hobi menulis. Aku sendiri mulai aktif menjadi blogger mulai tahun 2009. Pertama kali mencoba fasilitas blog di blogger.com punya Google. Tidak lama kemudian mencicipi wordpress karena tidak puas dengan kustomisasi dan independensi platform di blogger.com. sangat tertarik dengan wordpress yang memiliki engine sendiri. Bahkan sempat sewa hosting wordpress di web hosting Yogya selama setahun untuk ujicoba. Lantas kembali ke wordpress.com guna menghemat ongkos ngeblog.
Ngeblog sendiri sebagai penyaluran syahwat menulis bagiku. Hobi menulis tumbuh mulai SMU dengan giat menulis esai di majalah dinding sekolah. Saat kuliah aku aktif di pers fakultas teknik alias jurnalis kampus. Selepas lulus kuliah, aktivitas menulis sempat mati suri hingga sinyal selular merambah ke pedalam Kalimantan Tengah pada tahun 2009 dengan sinyal GPRS. Sesuatu yang sangat mewah saat itu namun menghidupkan kembali aktivitas menulisku. Dulu untuk menulis blog harus pakai komputer yang terkoneksi internet via ponsel sebagai modem selular. Mulai dua tahun terakhir, kegiatan blogging cukup dilakukan via smartphone baik posting teks maupun foto. Contohnya artikel ini aku tulis pakai keyboard virtual pada layar sentuh ponsel Motorola Moto G dengan program aplikasi Google Keep. Kemudian saya share via aplikai WordPress untuk android. Semakin canggih zaman semakin mudah dan cepat untuk menulis. Namun sayangnya justru semakin canggih teknologi malahan semakin mengurangi intensitas blogging. Terbukti merosotnya aktivitas menulis blog dengan migrasi ke media sosial semacam facebook dan twitter.
Padahal di Indonesia aktivitas blogging masih cukup leluasa. Bandingkan nasib blogger di Rusia, RRC, dan Vietnam atau di Timteng. Mereka menghadapi intimidasi dan regulasi pemerintahan setempat yang sangat ketat dan keras. Maka, menulislah berbagai perihal yang bermanfaat dengan santun. Selamat Hari Blogger Nasional

Shared from Google Keep

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: