Pest Control, Keluwing dan Coro

17 Okt

Dua binatang yang berkembang biak dengan cepat dan masif. Di perumahan perusahaan sebelumnya, kecoa adalah hewan berkeliaraan utama tatkala malam. Senantiasa aku siagakan baygon semprot aerosol untuk membasmi kecoa yang berkeliaran di rumah pada malam hari. Anehnya seperti tidak ada habis kecoa berkeliaraan di rumah. Padahal hampir dipastikan, kecoa yang disemprot pasti mati. Suatu saat malam, aku keliling rumah menceri sumber dan sarang kecoa. Hmm, ternyata mereka keluar dari celah-celah septic tank.
Beberapa tahun kemudian, aku dimutasi ke Kaltim. Pest control di sini yang harus aku kendalikan adalah keluwing. Banyak sekali populasinya, keluarnya saat mendekati tengah malam. Mereka menyukai tempat lembab di celah tanah maupun sisa tumbuhan yang mati. Baru ketahuan setelah tengah malam keliling rumah. Banyak sekali sarang-sarang mereka. Sebelumnya hanya aku semprot dengan baygon spray jika mereka masuk ke dalam rumah. Kini aku harus melakukan pre-emptive strike dengan menyemprot mereka di sarangnya. Supaya lebih irit tidak pakai baygon tapi minyak tanah. Menggunakan tabung sprayer kapasitas 2 liter.

Shared from Google Keep

Tinggalkan Balasan

