Motorola Moto G, Ponsel Murah Berkualitas

14 Jul

image

Alhamdulillah, ponsel yang aku tunggu-tunggu sampai di rumah sudah. Sebenarnya ada satu smartphone Blackberry 9790 Onyx 3. Hampir dua tahun dipakai buat pekerjaan, bbm dan email. Tidak bisa dipakai buat hobi blogging dan social media. Dulu pernah diinstal software aplikasi tambahan. Tapi tidak lama kemudian ponsel bb sering muncul jam pasir dan berjalan tersendat- sendat. Beberapa kali dicoba direset dan pasang lagi aplikasinya. Namun masalah yang sama muncul kembali. Alhasil ponsel cerdas si bb hanya terpasang aplikasi bawaaan pabrik supaya tidak mengganggu pekerjaan. Sambil menungu waktu yang tepat dan modal yang cukup untuk menggaet smartphone pendamping.

image

Sekitar setengah bulan browsing sana-sini mencari referensi ponsel cerdas terbaik dengan harga terjangkau. Menimbang sebagai karyawan biasa tentu budget yang tersedia sangat terbatas. Suatu ketika pas baca berita digital di detiknet ada kabar tentang Motorola yang merilis produk smartphone baru dengan bandrol yang sangat terjangkau bernama Moto G. Jadinya seperti nostalgia sebab di tahun 2005/2006 pernah memakai ponsel Motorola E398. Hape jadul tersebut bahkan saya jadikan modem gprs dengan colokan kabel usb yang disambung dan digantung di luar jendela. Memori internal 5 mb dengan tambahan microSD 64 mb. Layarnya 1.9 inci dengan 65 warna jenis TFT. Berkamera foto dengan resolusi vga 640×480. Lebih superior dengan hp sebelumnya Sony Ericson T230.
Setelah saya bandingkan speknya pada kelas harga yang sama terlihat moto g lebih unggul. Point yang ditekankan adalah operating system android terbaru 4.4 kitkat, prosesor quad core 1.2 ghz, kaca layar Corning Gorilla Glass 3. Kerapatan resolusi layar mencapai 320 dpi menurut software CPUZ, 326 dpi menurut situs gsmarena dan trustedreview. Namun ada dua kelemahan yang nyata yakni batere unmoveable sehingga tidak bisa diganti dan memory internal saja tidak ada slot ekspansi. Oleh karena itu aku memilih moto g versi 16 gb bukan yang 8 gb.

image

Jaringan penjualannya juga unik yaitu hanya dijual di retail online pada situs e-commerce http://www.lazada.co.id. Bahkan pada awalnya orang harus pesan dulu sebelum dijual ready stock. Mirip dengan metode penjualan ponsel keluaran Xiaomi untuk menekan harga jual.  Termasuk minimnya iklan komersial motorola moto g sebagai bagian memperkecil biaya.
Setelah transaksi di situs lazada, tidak sampai satu minggu paket ponsel motorola moto g sudah tiba di rumah. Dengan segera dilakukan unboxing dan membaca panduan singkat. Lantas buka cover belakang dan memasukkan micro sim. Untung paket penjualan moto g dibundel dengan kartu perdana simpati yang berukuran micro sim card. Padahal aku belum pernah menangani micro sim card. Sekalian juga dipasang aksesories cover ponsel model flip shell berwarna kuning muda. Setelah running test, ponsel ini memuaskan tidak meleset dari harapan. Layar dengan warna yang tajam, ergonomi yang baik, batere cukup tidak terlalu jelek endurance. Fungsi multitasking berjalan baik membuktikan prosesor quad core efektif dan efisien. Ponsel moto g berbasis prosesor quad core 1.2 ghz Arm Cortex A-7 yang unggul di efisiensi daya bukan di unjuk kerja. Jenis ini cukup bagiku karena tidak buat instal game. Moto g kuisi wordpress, whatsapp, twitter, instagram, detikcom, bbm, dan facebook. Posting artikel ini pun perdana menggunakan motorola moto g. Satu yang harus dijaga sendiri adalah manajemen memory yang mentok di aktual sekitar 12 gb dan hati-hati saat mengisi ulang daya jangan sampai overcharge karena batere yang unmoveable.

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: