The Best Performance-Value Laptop Today

5 Des

Kesan pertama yang membuatku agak surprised adakah kecepatan product delivery. Setelah mengisi form konfirmasi pembayaran, saya menduga barang akan dikirim Bhinneka tiba di kota Grogot pinggiran Kaltim dalam hitungan 5 hari kemudian. Pengalaman pribadi sebelumnya ketika membeli barang dari Bhinneka. Tidak terduga ternyata dalam tempo 4 hari sudah sampai, sebuah peningkatan pelayanan yang signifikan. Begitu tiba, langsung packing dibuka dan ujicoba laptop idamanku, HP Pavilion 14-n038tx.

Warnanya hitam glossy dengan logo HP beraksen silver di punggung monitor, menunjukkan kesan elegan. Body laptop terlihat tipis, sesuai dengan tren terkini. Software operating system bawaan adalah open source Ubuntu versi 12.04 LTS (Long Term Support) Precise Pangolin, versi stabil Linux Ubuntu dengan dukungan jangka panjang 5 tahun dari Canonical. Semua fungsi dasar komputer terpasang dan berjalan dengan baik, wifi pun dengan mudah dikonfigurasi, kompabilitas hardware cukup bagus. Namun karena saya memiliki cd windows 8.1versi 64bit (tentusaja original) maka laptop ini diinstal ulang dengan windows 8.1. HP memberikan layanan dukungan driver lengkap melalui situsnya. Kecepatan booting maupun shutdown layak diacungi jempol, kecepatan transfer data dan back-up data lewat port USB 3 terbukti. Laptop ini dipasangi jeroan terkini dengan prosesor intel core i5-4200u, prosesor intel core generasi ke-4, intel haswell, TDP 15 watt. Hal ini yang membuat batere laptop lumayan tahan lama meski hanya batere 3 cell. VGA card discete mengandalkan generasi terbaru kartu grafis mobile kelas menengah yang andal dari Nvidia yakni GeForce 740M dengan memori grafis internal 2GB didukung RAM bawaan laptop 4 GB DDR3 PC12800. Auto-switching vga card antara intel hd graphics 4400 dengan Nvidia GeForce 740M memakai teknologi Nvidia Optimus. Perlengkapan koneksi seperti bluetooth, wifi, dan LAN cukup mudah dikonfigurasi dan memiliki kompatibilitas yang baik. Kapasitas harddisk juga leluasa dengan 750 GB buatan Western Digital. Unjuk kerja yang dihasilkan laptop ini benar-benar memuaskan. Memiliki rasio performance-value terbaik saat ini, sangat recommended.

Laptop HP Pavilion 14-n038tx karena bertekstur glossy hitam akan mudah kotor oleh bercak sidik jari maupun debu yang lengket. Disarankan memakai aksesoris notebook seperti keyboard protector dan skin decor. Material bahan body laptop tidak terbuat dari bahan premium, disarankan hati-hati dari bahaya jatuh dan benturan. Ada satu port yang masih cukup diperlukan tapi sudah tidak disediakan laptop ini yakni analog D-sub 15 pin. Mungkin karena tipisnya body laptop sehingga port tersebut sudah tidak muat lagi. Padahal di kantor masih banyak digital projector yang hanya dilengkapi dengan port analog D-sub 15 pin.

Semoga product review ini bermanfaat bagi anda.

Dibagikan dari Google Keep

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: