Kedai Es Degan Gula Aren

30 Sep

image

Andai anda bertamasya ke sekitaran Pasir Belengkong dengan tema utama tentunya situs peninggalan Kerajaan Sadurengas atau Kesultanan Paser, tentu tidak afdol bila tidak mencicipi cita rasa makanan tradisional. Sehabis berkunjung ke situs sejarah tersebut, saatnya mengisi perut ketika siang mulai beranjak. Ada satu warung makan tradisional dekat situs tersebut yang entah kenapa paling ramai dikunjungi pelanggan. Padahal ada beberapa warung makan serupa di sepanjang jalan raya Pasir Belengkong. Lokasinya kira-kira 300 meter ke arah timur Pemakaman Raja-raja Paser Balengkong, warung makan ini tidak memiliki nama. Sebagian atapnya terbuat dari daun nipah dengan 2 bangunan tambahan, rindang di bawah pepohonan. Warung makan yang cukup luas dengan menu khas kalimantan seperti buras, lemper, tape ketan, nasi kuning, es degan, dan lain-lain.
image

Es degan di sini ada dua pilihan, disajikan denga  sirup merah dan dengan gula aren. Paling unik tentunya es degan dengan gula aren yang masih tradisional. Mirip dengan gula jawa, gula aren disadap dari pohon aren lokal dan gula yang sudah jadi biasanya dijual dengan bungkus daun aren.

image

Nasi kuning di sini pun disajikan denga  beberapa pilihan lauk ada ayam potong, ayam kampung, telor, ikan kakap, ikan gabus (haruan). Aku lebih suka ikan kakap, lebih liat dagingnya daripada ikan lainnya.

image

Cita rasanya benar-benar khas Kalimantan meskipun nama makanan mirip dengan nama makanan Jawa. Misalnya lemper bakar, terbuat dari ketan putih yang terasa lebih keras/akas dibandingkan lemper Jawa. Demikian pula dengan tape ketan hitam, cita rasa terasa sangat berbeda dengan tape ketan hitam Jawa. Patut dicoba guna memperkaya pengalaman wisata kuliner anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: