Pengolahan Biji

13 Apr

Dari stasiun press (pressing station), cake (keluaran mesin press) yang dipindahkan oleh CBC menuju depericarper di stasiun pengolahan biji dan inti. Di sini stasiun ini, nut dipisahkan dari fiber atau serabut. Kemudian nut dipecah dan dipisahkan antara inti (kernel) dengan cangkang (shell). Kernel diambil sebagai nilai ekonomi komoditas sedangkan serabut dan cangkang dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler.

Depericarper
Adalah alat yang digunakan untuk menghisap fiber yang telah terpisah dari nut untuk dibawa ke fiber cyclone sebagai bahan bakar boiler. Losses yang mungkin terjadi adalah adanya nut dan kernel yag ikut terhisap oleh fan fibre cyclone dan adanya fibre yang ikut masuk ke nut polishing drum. Losses ini dikontrol dengan mengatur bukaan damper pada fan fiber cyclone dan settingan separating column. Standart losses kernel pada fiber cyclone yang disarankan adalah 1% hingga 2%.

Nut Polishing Drum
Adalah alat untuk menyempurnakan pemisahan fiber yang masih menempel pada nut untuk persiapan nut saat pemecahan. Nut polishing drum terdiri dari sebuah drum yang diputar oleh sebuah rantai dan sisi di ujung drum berlubang-lubang sesuai ukuran nut. Sebelum melewati nut polishing drum, cake masuk ke dalam First Depericarper Column. Berfungsi untuk memisahkan antar fiber dan nut, fiber yang ringan akan terhisap ke atas oleh fan fiber cyclone, sedangkan nut yang lebih berat akan jatuh ke bawah dan masuk ke dalam nut polishing drum.

Fibre Cyclone
Adalah alat untuk memisahkan fiber dari sehingga fiber akan jatuh ke fiber & shell conveyor sebagai bahan bakar untuk boiler.

Airlock Fibre Cyclone
Adalah alat yang berfungsi unutk menciptakan keadaan vakum di dalam fibre cyclone sehingga fiber akan jatuh karena gaya gravitasi dan udara akan naik menuju fan.

Fibre & Shell Conveyor
Adalah konveyor yang membawa fiber dan shell dari hopper dan dari fiber cyclone menuju fiber & shell incline conveyor.

Fibre & Shell Incline Conveyor
Adalah konveyor yang membawa fiber dan shell fiber & shell incline conveyor menuju fiber & shell distributing conveyor yang akan membagikan fiber dan shell sebagai bahan bakar boiler.

Nut Conveyor
Untuk membawa nut dari nut polishing drum ke nut separating column.

Nut Separating Column (Destoner)
Berfungsi untuk membersihkan nut dari benda – benda keras seperti batu dan besi agar tidak terikut masuk ke dalam king cracker atau ripple mill.

Nut Elevator
Berfungsi untuk mengangkat biji atau nut dari secondary depericarper menuju nut hopper.

Nut Hopper
Adalah merupakan tempat penampung nut sebelum masuk ke king craker. Disini dilakukan pengaturan feeding bagi king craker.

King Cracker / Ripple Mill
Berfungsi untuk memecah nut menjadi cangkang (shell) dan inti (kernel). Efisiensi dari king craker bagusnya lebih dari 95%, bila kurang maka perlu diperiksa rotor bar-nya, apakah sudah aus, dan diperiksa pula apakah feedingya terlalu banyak.
Cracker Mixture Conveyor
Merupakan screw conveyor yang berfungsi sebagai  penghantar pecahan nut yang berupa kernel dan shell yang telah keluar dari king cracker menuju LTDS 1.

LTDS 1
Adalah kolom untuk memisahkan kernel dan cangkang pada tahap pertama dengan media udara.

Cracker Mixture Cyclone
Adalah cyclone yang berfungsi untuk menghisap shell dan kotoran dari LTDS 1 dan LTDS 2.

Airlock Cracker Mixture
Adalah alat  untuk menciptakan keadaan vakum di CM Cyclone agar shell dan kotoran dapat turun dan udara dapt naik ke fan CM Cyclone.

Shell Hopper
Adalah tempat untuk menampung shell dan kotoran dari LTDS 1, LTDS 2, shell ex hidrocyclone, dan dari CM Cyclone.

Vibrating Through
Untuk memisahkan kernel dan nut yang belum pecah. Alat ini terdiri dari susunan batang besi dengan jarak tertentu yang dipasang pada platfprm, dimaa platfor tersebut digetarkan oleh unbalance yang diputar sebuah motor.

Cracker Mixture Polishing Drum
Berfungsi untuk merontokkan kernel yang masih melekat pada shell. Terdiri dari sebuah drum yang diputar oleh sebuah motor, dimana di sisi dalamnya terdapat batang untuk mengangkat CM sampai ketingian tertentu dan dijatuhkan, lalu bergesekan sehingga shell dapat terlepas.

LTDS 2
Berfungsi untuk memisahkan kernel, kernel pecah dan cangkang tahap kedua memakai media udara.

Hidrocyclone
Adalah alat yang berfungsi untuk memisahkan antara cangkang dan kernel menggunakan media air.

Wet Shell Conveyor
Adalah screw conveyor untuk mengangkat shell basah keluaran hydrocyclone dan dari vibrating trhough ke wet shell conveyor.

Wet Shell Elevator
Adalah elevator untuk membawa shell dari Wet Shell Conveyor menuju ke hopper cangkang.

Wet Kernel Conveyor
Berfungsi sebagai penghantar kernel basah keluaran LTDS dan hydrocyclone ke wet kernel elevator.
Wet Kernel Elevator Berfungsi untuk mengangkat kernel basah ke wet kernel distributing conveyor di atas kernel dryer

Kernel Distributing Conveyor
Berfungsi untuk membagi kernel ke tiap dryer secara merata.

Kernel Tray Dryer / Kernel Silo
Berfungsi untuk menurunkan kadar air dalam kernel dengan pemanasan udara. Suhu pemanasan pada kernel dryer adalah 65C-70 C untuk bagian bawah dan 75C-80 C untuk bagian atasnya.

Dried Kernel Conveyor
Berfungsi untuk membawa kernel hasil pengeringan dari kernel dryer ke kernel storage atau bunker.

Kernel Bunker
Merupakan tanki penimbunan sementara kernel produksi. Di sini bisa dilakukan bagging (pengarungan kernel), bisa juga langsung dicurah untuk diangkut menuju lokasi penyerahan ke pembeli atau dikirim ke pabrik pengolahan inti sawit (kernel crushing plant).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: