Efisiensi Boiler dan Feasibility Turbin : Kebersihan Pipa

9 Des

Boiler kelas medium yang dibangun sekarang ini semakin sophisticated dan makin tinggi efisiensinya. Kelas medium di sini maksudnya untuk kapasitas 50 ton air per jam, dengan turbin di bawah 3 MW. Meski semakin canggih, namun tata kelola tetap berlaku prinsip-prinsip lama terutama kebersihan internal boiler. Baik kebersihan di dalam water tube termasuk upper drum dan lower drum. Juga kebersihan di luar water tubes dari jelaga dan kerak (scale). Kebersihan tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja boiler yang otomatis berpengaruh terhadap unjuk kerja turbin uap dalam menghasilkan daya listrik. Prinsip sederhana, kebersihan, namun sangat mendasar dan menyasar dengan efektif. Kebersihan piping dan drum berhubungan erat dengan efisiensi boiler dalam perpindahan kalor dari fluegas ke air di dalam water tubes. Parameter yang jelas terlihat dari pengaruh tersebut adalah stabilitas temperatur uap kering (superheated steam), fluktuasi debit air umpan boiler yang melebihi kapasitas desain, dan temperatur gas buang cerobong yang masih terlalu tinggi. Mengindikasikan hambatan penyerapan panas oleh air dan uap di dalam sistem. Ujungnya adalah merosotnya performa turbin uap.
Pembersihan sisi luar piping bisa dengan cara manual, menyemprot dengan selang kompresor. Namun kerak harus dengan sekrap atau brush hingga tuntas. Atau bahkan dengan baji jika lebih tebal dan keras lagi. Tentu ini makan waktu mengingat banyak jumlah piping di dalam boiler di Pass I, Pass II, dan Pas III. Belum lagi pembersihan di upper drum dan lower drum.
Terutama kebersihan steam separator dan baffle di upper drum. Kebersihan, bukan hanya untuk makhluk hidup, juga untuk makhluk mati yang berhubungan dengan makhluk hidup. Semoga bermanfaat… Bagaimana pendapat anda.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: