Kamera Single Lens Translucent Generasi Kedua

31 Des

Setelah menggelontor pasar kamera digital SLT (Single Lens Translucent) generasi pertama, kini Sony merilis gereasi kedua. Meski produksi kamera tersebut terhambat banjir pabrik kamera Sony di Thailand. Teknologi SLT merupakan teknologi kamera digital interchangeable lens antara SLR dan mirrorless. Disebut SLR (Single Lens Reflex) sebagai kamera SLR konvensional juga tidak karena tidak memiliki cermin yang diangkat saat menangkap cahaya obyek ketika tombol shutter ditekan. Disebut mirrorless seperti kamera format CX Nikon maupun format empat per tiga Olympus seri PEN dan Panasonic Lumix seri G serta Samsung seri NX, kurang tepat karena masih memakai cermin yang memantulkan cahaya ke sensor autofocus. Untuk kelas mirrorless murni, Sony mengisinya dengan seri Alpha NEX. Definisi yang ambigu disebabkan Sony mengembangkan sendiri teknologi Single Lens Translucent. Format sensor kamera SLT memakai ukuran format APS-C sehingga lebih luas dibanding format micro third four maupun format CX. Kamera SLT memiliki viewfinder elektronik built-in.

Kamera Sony Alpha SLT -A77

Kamera SLT menggunakan teknologi cermin tembus cahaya yang memungkinkan sebagian besar cahaya (sekitar 70%) untuk tembus melewati cermin menuju sensor gambar. Sedangkan sebagian kecil cahaya (sekitar 30%) dipantulkan menuju sensor AF dan viewfinder. Dengan demikian memungkin posisi cermin dalam keadaan statis tanpa perlu gerakan flip-flap sebagaimana yang terjadi pada cermin pemantul di kamera SLR konvensional. Bagusnya lagi mempersingkat waktu perekaman citra dan mempercepat autofokus secara terus menerus.

Kamera Sony Alpha SLT-A65 (tanpa lensa)

Generasi pertama kamera Sony yang mengusung teknologi SLT adalah Sony Alpha SLT A33 dan A55 dirilis tahun kemarin. Secara fisik A33 dan A55 nyaris sama, model pertama untuk kelas bawah sedangkan yang kedua merupakan flagship dari seri kamera SLT Sony. Bedanya pada resolusi gambar (14,2 MP dengan 16,2 MP) dan kecepatan jepretan kontinyu (7 fps dengan 10 fps) serta kelengkapan GPS built-in. Model A55 masih beredar di pasar dengan banderol 7 jutaan rupiah dalam paket lensa 18-55mm.

Kamera Sony Alpha SLT-A35

Tahun ini Sony merilis 3 model kamera SLT generasi kedua yakni Sony Alpha SLT A35, A65, dan A77. Model A35 untuk kelas bawah, A65 untuk kelas menengah, dan A77 adalah flagship model SLT generasi kedua. Model A35 sebagai kamera entry-level memiliki layar LCD tetap, resolusi gambar 16,2 megapiksel, body terbuat dari plastik. Model A65 mewarisi fitur yang sama dengan model teratas A77 seperti layar LCD bisa diputar, resolusi gambar 24,3 megapiksel. Bedanya A65 bodinya dibuat dari plastik sedangkan model A77 dibuat dari paduan magnesium yang kokoh dan ringan.

Kamera Sony Alpha SLT-A55

Kamera Sony Alpha SLT A77 dilepas di pasaran lokal dengan banderol 13 jutaan rupiah (body only), A65 berbanderol 7 jutaan rupiah (body only), dan A35 dilabeli harga 5 jutaan rupiah (body only). Untuk saat ini tinggal Canon saja yang menjadi produsen kamera besar tanpa merilis seri kamera IL (Interchangeable Lens) yang mirrorless. Kamera mana yang masuk wishlist anda?

Kamera Sony Alpha SLT-A33

Referensi:

  1. http://www.news.cnet.com
  2. http://www.techradar.com
  3. http://www.cnet.com.au
  4. http://www.camera.co.id

Satu Tanggapan to “Kamera Single Lens Translucent Generasi Kedua”

  1. Galih Andika 31 Agustus 2013 pada 5:24 AM #

    Thanks, Gan. Lagi nyari infonya dapat juga. .🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: