Mie Ayam “Cinta Rasa”, Campuran Mie Ayam dengan Mie Bakso dan Cwie Mie

3 Des
cwie mie
Depan Kedai mie ayam “Cinta Rasa”

Bertahun-tahun mencari mie pangsit (cwie mie) di Pangkalan Bun ini sangat sulit, belum pernah ketemu. Yang berjamur di sini adalah mie ayam, sangat mudah dijumpai di mana-mana. Mungkin mie ayam lebih populer dibandingkan cwie mie. Namun di Malang sangat mudah menemukan cwie mie.  Sebuah citarasa nostalgia, masih segar di ingatan semasa usia TK pada paruh kedua dekade 80-an, betapa sering bapak mengajakku ke halaman pasar Bunul (Jl. Hamid Rusdi, Kec. Blimbing) di sore hari. Di sana bertebaran tenda-tenda warna putih yang didirikan tukang cwie mie dengan sorotan lampu petromak yang benderang. Jika makan di situ mendefinisikan sebagai cwie mie basah karena mengandung kuah di mangkuk. Apabila dibawa pulang disebut dengan cwie mie kering karena dibungkus dengan kertas bungkus dengan sedikit kuah. Seporsi berisi mie yang direbus dengan tambahan pangsit dan acar mentimun. Ada opsi tambahan saus, sambal, dan cabe hijau mentah.

cwie mie
Menu Standard

Semasa kuliah di Universitas Brawijaya, bertemu kembali dengan citarasa cwie mie. Di bekas bangunan bioskop Dinoyo merupakan salah satu sentra PKL. Berjajar sepanjang jalan lingkar area bioskop. Namun bioskopnya sudah tidak alias bangkrut karena terjangan perubahan teknologi digital pada awal munculnya CD film yang mewabah. Kini gedung bioskop tersebut menjadi mall atau swalayan. Di sentra PKL ini ada seorang penjual cwie mie, usia sekitar separuh abad dengan bajunya yang khas senantiasa memakai kemeja dan songkok warna hitam, selalu ramah melayani pembeli. Menunya sama persis yang namanya cwie mei dengan mie rebus yang diberi pangsit dan acar mentimun. Cita rasanya memang khas cwie mie, berbeda dengan jelas dibandingkan citarasa mie ayam.

cwie mie

Dikustom Menjadi Cwie Mie

Setelah tinggal di bertahun-tahun di rantau, tidak pernah menemukan cwie mie, adanya cuma mie ayam. Sehingga jika ada kesempatan pulang kampung, senantiasa singgah mencari cwie mie di kota Malang. Jika berjumpa, langsung makan dua mangkuk cwie mie. Beberapa bulan yang lalu tanpa sengaja mencicipi mie ayam di kompleks misbar Kampung Baru, Pangkalan Bun, yang spanduknya berjudul Depot Solo, Mie Ayam Cinta Rasa. Seperti biasa mie ayam, ditaburi serpihan daging ayam berbumbu dengan tambahan sebutir pentol bakso berukuran cukup besar. Namun ketika dicicipi ada sedikit citarasa yang bikin penulis kangen dengan kota Malang, cwie mie. Ternyata ada juga selembar pangsit goreng dan opsi acar mentimun di dalam toples di atas meja. Pada kesempatan kedua berkunjung, penulis mencoba lebih memastikan lagi citarasa cwie mie. Pesan seporsi mie ayam tanpa vetsin, ini penting supaya citarasanya tidak tenggelam dalam rasa monosodium glutamat sekaligus makan yang lebih sehat. Tidak memakai pentol baksa, minta tambahan pangsit ekstra. Ditambahin acar mentimun atasnya, tanpa saus ataupun kecap, cuma sedikit sambel. Waah..rasanya benar-benar cita rasa cwie mie alias mie pangsit yang langka di kota ini. Lidah bergoyang merasakan wanginya masakan, padahal tidak pakai pentol, vetsin maupun saus. Cocok dengan namanya “Cinta Rasa”, langsung jatuh cinta dengan kedai mie ini.

cwie mie

Interior Kedai

Penjualnya pun seorang pria paruh baya, teringat dengan tukang cwie mie di Malang, tapi sayang tidak pakai songkok hitam. Di spanduk depan gerai, ada sejumlah menu makanan yang ditutup sepertinya dibatalkan karena sesuatu hal. Kedainya bersebelahan dengan kedai Depot Arema yang berjualan cendol tape dan tahu telor. Kini bagi penulis mie ini adalah mie ayam paling enak di kota Pangkalan Bun. Lebih enak dari mie ayam yang sudah-sudah seperti depot mie ayam di dekat Ruhama maupun dekat BPD. Bagaimana pendapat anda?

cwie mie

Gerobak Kaki Lima sekaligus front desk dan etalase

Iklan

4 Tanggapan to “Mie Ayam “Cinta Rasa”, Campuran Mie Ayam dengan Mie Bakso dan Cwie Mie”

  1. riez 11 Desember 2011 pada 11:46 AM #

    bikin ngiler…”sebagai pecinta mie ayam” iman saya tergoda untuk mencicipi

  2. Randall Hart 13 Desember 2011 pada 8:15 AM #

    semoga sukses dan lancar dalam menjalankan usahanya. kami menyediakan juga informasi untuk keamanan usaha anda dari bahaya kebakaran.

    Terima kasih untuk informasi lebih lanjut silahkan MELIHAT : http://www.randallhart.com/,
    tlp:031 853 8830,
    e-mail : randallhart9@gmail.com

  3. Amin 30 Desember 2011 pada 7:37 PM #

    Bikin lapar aja gan

  4. agus 28 Oktober 2013 pada 11:17 PM #

    skedar info.,mie ayam cinta rasa depot solo pindah didepan diler YAMAHA DUTA INDAH MOTOR ,krng lbih 100 meter dari komplek misbar ,arah ke spbu jln paku negara,makasih atas partisipasinya..selamat mencoba dan menikmati, {PAK CIPTO}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: