Instalasi Linux 11.04 Natty Narwhal di Laptop Acer Aspire 4810TZ

7 Agu

Setelah otak-atik laptop penulis dengan Ubuntu Lucid kini giliran mencicipi Ubuntu Natty. Tampilan desktopnya berbeda jauh dengan Lucid. Secara default sudah terintegrasi dengan Ubuntu Unity dengan tampilan mirip dengan GUI Android di PC Tablet dan ponsel. Ada kolom launcher aplikasi di sisi kiri desktop. Sisi atas dan bawah terkesan clean. Update patch baik untuk security dan recommended update lebih banyak dibanding Lucid. Perlu sehari semalam online laptopnya buat menyelesaikan semua update via Update Manager. Mengingat koneksi internetnya adalah edge Telkomsel pakai kartu simpati dengan layanan unlimited flash yang lima puluh ribu buat sebulan.

Ditancapkan ke dalam HP Android Samsung Ace. Langsung bisa diconnect-kan ke laptop via wifi, diset sebagai portable hotspot. Bahkan koneksi dengan mudah established saat booting live CD Ubuntu Natty. Sangat interoptible mengingat OS Android merupakan platform HP berbasis Linux yang disponsori Google. Jadi ada pilihan langsung menginstal semua update saat instalasi OS atau bisa juga mencicil setelah selesai instalasi OS.

Desktop Ubuntu 11.04 Natty

Fitur Natty makin kaya dengan program aplikasi default yang berbeda dengan sebelumnya. Misalnya aplikasi office berganti ke paket LibreOffice 3.3.2 yang sebenarnya identik dengan OpenOffice namun dikembangkan oleh komunitas karena ada keraguan terhadap komitmen Oracle yang telah membeli SUN terhadap masa depan open source OpenOffice. Aplikasi internet sudah meningkat ke Firefox versi 5. Tampilan fontnya lebih ciamik dan terkesan serius. Tetapi dengan spek laptop yang sama kecepatan booting OS terasa agak melambat sedikit dibanding Ubuntu 10.04 Lucid.

Iklan

Satu Tanggapan to “Instalasi Linux 11.04 Natty Narwhal di Laptop Acer Aspire 4810TZ”

  1. irvan ginanjar 26 Maret 2012 pada 9:25 PM #

    mas apakah linux itu benar jarang kena virus ?
    😀
    di tunngu ya kunjungan baliknya…
    salam persahabatan.
    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: