Go to Linux

24 Jul

Berita mengejutkan namun menyenangkan terdengar dari kolega kerja sehabis pulang dari head office Jakarta. Dia pulang sambil membawa oleh-oleh laptop dinas yang sudah terinstal operating sistem linux Ubuntu. Teman satu ini menargetkan setelah lebaran tahun ini minimal 80% komputer kantor site di kebun sudah beroperasi dengan basis linux Ubuntu. Target ini terlalu rendah, harusnya 99 persen komputer kantor go to linux. Angka 1 persen cuma untuk komputer dengan program aplikasi jaringan di windows yang benar-benar belum bisa dimigrasikan ke Linux.

Terdengar angin surga karena siapapun yang mencoba menggunakan sendiri OS linux di dalam iklim windows adalah sama dengan bunuh diri karena kompatibilitas yang tidak 100 persen kecuali memakainya bareng sehingga tercipta iklim linux (opened source). Padahal hampir semua aplikasi yang ada di site sebenarnya sudah bisa berganti alternativenya di aplikasi linux beserta OS-nya. Di sini letak posisi strategis kebijakan migrasi system karena semua perlu untuk migrasi bersama-sama ke linux jika plan ini mau berhasil. Kalau ada segelinir kelompok yang balik kucing ke windows bajakan maka alhasil bakal menyeret lainnya ke system windows. Rayuan kemudahan interface desktop window memang telah meracuni semua user sejak pertama mengenal komputer.

Dengan migrasi ke linux, mau tidak mau user harus kembali belajar system baru yang sebenarnya lama-lama mereka akan terbiasa dan akhirnya bisa menerima linux dan aplikasinya. Sebuah pilihan halal karena pada tahun 2005 MUI sudah mengeluarkan fatwa berkenaan dengan HAKI baik dlaa bentuk software maupun karya digital lainnya seperti lagu dan film.

Iklan

Satu Tanggapan to “Go to Linux”

  1. Rukzz Olangan 23 Oktober 2011 pada 2:08 AM #

    Saya juga masih belajar mengoprasikan Linux ,namun belum sepenuhnya migrasi pada linux,saya mempergunakan 2 OS pada laptop saya,tapi yang sering saya pergunakan masih di Windows 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: