Bebasnya Mantan Bos IMF dan Konspirasi Jebakan

3 Jul

Mantan direktur pelaksana IMF, Dominique Strauss-Kahn (62 tahun), dibebaskan dari tahanan rumah oleh pengadilan Manhattan New York. Padahal sebelumnya dia telah mengajukan uang jaminan 1 juta dollar AS dan obligasi senilai 5 juta dollarnamun tetap ditolak permintaan penangguhan tahanannya. Pembebasannya disetujui pengadilan setelah para jaksa penuntut mengajukan bukti-bukti bahwa korban tuduhan pemerkosaan diragukan kredibilitasnya. Kini uang jaminannya telah dikembalikan.

Jaksa tidak banyak percaya cerita dari pelayan hotel kelahiran Guinea berusia 32 tahun itu dan curiga bahwa dia telah berulang kali berbohong kepada mereka sejak dugaan serangan terhadapnya pada 14 Mei lalu di kamar hotel politisi Perancis di Manhattan. Pada hari upaya pemerkosaan itu diduga terjadi, perempuan tersebut tercatat berbicara per telepon dengan seorang pria yang dipenjara karena memiliki 180 kilogram ganja dan membahas manfaat dari tuduhan yang dilancarkannya. Ia juga memiliki uang deposito misterius senilai Rp 854 juta (100 ribu dollar). Pelayan hotel itu sebelumnya terbukti berbohong dalam kasus pengajuan suaka ke Amerika Serikat pada 2004 dan pajak penghasilannya serta pengakuan korban pemerkosaan sebuah geng dengan rinciannya.

Meski pun demikian proses hukumnya masih berlanjut dan kini jabatannya sudah diambil alih oleh Christine Lagarde (55 tahun), sebelumnya menteri keuangan Perancis. Dia terpilih pada 29 Juni oleh 24 anggota Dewan Eksekutif IMF setelah mendapat dukungan kuat dari AS dan Rusia. Lagarde unggul atas calon dari Meksiko, Agustin Cartens (53), yang juga gubernur bank sentral Meksiko. Strauss-Kahn sendiri didepak dari jabatannya atas desakan kuat dari AS. Bahasa Inggris Lagarde sempurna dan menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pengacara di Amerika Serikat. Setelah memperoleh gelar sarjana hukum, Lagarde bergabung dengan firma hukum Amerika, Baker dan McKenzie, yang pertama di Paris. Lalu, ia ke Chicago, dan mulai meniti jabatan sebagai direktur perusahaan. Ia tetap di Amerika selama 25 tahun dan nyaman di Wall Street. Ia menikmati dukungan dari Amerika Serikat dalam menduduki kursi jabatan bos IMF. Meski sebelumnya Lagarde sempat terlilit dalam skandal misterius lebih dari 285 juta euro yang melibatkan tokoh kontroversial pendukung Nicolas Sarkozy, Bernard Tapie.

Kejadian-kejadian di atas sebelumnya sudah diprediksi skenarionya. Segera setelah penangkapan Strauss Kahn, Washington mengeluarkan tekanan untuk mempercepat penggantiannya sebagai Managing Director IMF. AS diperkirakan akan membidik orang Amerika sendiri bukan berasal dari Eropa, atau bisa juga dari negara yang ekonomi pasar sedang tumbuh atau negara berkembang yang bisa dikendalikan Washington. Sejak berdirinya lembaga Bretton Woods tahun 1945, Bank Dunia telah dipimpin oleh seorang Amerika sedangkan IMF telah berada di bawah pimpinan orang Eropa. Strauss-Kahn adalah anggota dari kelompok elit dan dikategorikan sebagai salah satu orang di dunia yang paling berpengaruh. Dia cenderung sebagai seorang akademisi dan politisi daripada seorang bankir. Berbeda dengan pendahulunya di IMF, ia tidak memiliki afiliasi langsung ke perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Dia memiliki dosa besar yaitu berusaha mendorong reformasi di IMF yang mau tidak mau berarti mengurangi peran AS di dalamnya. Tersingkirnya Strauss-Kahn berpotensi memperkuat hegemoni Amerika Serikat dan kendali atas IMF dengan mengorbankan apa yang mantan Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld disebut “Old Europe”. Bisa jadi bagian dari strategi AS menghadapi RRC di 5 tahun mendatang karena IMF sendiri sudah membuat estimasi bahwa perekonomian RRC akan memimpin dunia menggantiakan AS pada waktu 5 tahun lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan besar telah terjadi di politik Eropa. Pemerintah Pro-Amerika telah terpilih di Prancis dan Jerman. Kelompok Sosial Demokrat telah melemah. Hubungan Franco-Amerika telah didefinisikan ulang, dengan Washington memainkan peran penting dalam perubahan generasi baru politisi Eropa. Presiden Nicolas Sarkozy, dalam banyak hal kebijakan luar negeri nya secara de facto melayani kepentingan luar negeri AS. Sama persis waktu Inggris di bawah Tony Blair.

Ada dua isu utama dalam rencana penjebakan Strauss Kahn. Yang berkaitan pertama untuk mengubah rezim di IMF, yang kedua untuk Strauss-Kahn sebagai calon dalam pemilihan presiden Perancis mendatang. Kedua proses ini berkaitan dengan perrsaingn AS dan kepentingan ekonomi Eropa termasuk kontrol atas sistem mata uang euro dan persaingan terhadap sistem mata uang dollas AS. Strauss-Khan sebagai favorit Partai Sosialis, akan diprediksi memenangkan pemilihan presiden atas Nicolas Sarkozy. CIA memainkan peran penting dalam kestabilan partai Gaullist dan mendukung pemilihan Nicolas Sarkozy. Jika Strauss-Kahn terpilih dan kelompok Sosialis menguasai pemerintahan akan menjadi kemunduran serius bagi Washington, akan berkontribusi dalam perubahan besar dalam hubungan Franco-Amerika. Ini memberikan kontribusi melemahnya peran Washington di papan catur politik Eropa, menyebabkan pergeseran keseimbangan kekuasaan antara Amerika dan Old Europe (yaitu aliansi Franco-Jerman). Hal itu akan memiliki dampak pada struktur internal dari Aliansi Atlantik dan peran hegemoni Amerika Serikat dalam NATO.

IMF selama ini merupakan arsitek utama dari reformasi ekonomi yang memiskinkan jutaan orang sekaligus menciptakan sebuah lingkungan yang menguntungkan bagi investor asing dalam perekonomian negara dunia ketiga yang berupah rendah. Dominique Strauss Kahn tiba di kemudi IMF pada bulan November 2007, kurang dari setahun sebelum krisis keuangan Wall Street pada September-Oktober 2008. Dalam kepemimpinan Staruss Kahn, IMF memberiakan pengobatan shock terapy, yang secara historis telah diberikan terbatas pada negara-negara berkembang, dikenakan kepada Yunani, Irlandia dan Portugal. IMF juga menuntut negara-negara berkembang menghapus subsidi pangan dan bahan bakar pada saat kenaikan bursa harga komoditas New York dan Chicago. Kenaikan harga pangan dan bahan bakar, yang mendahului krisis Wall Street September-Oktober 2008, sebagian besar hasil manipulasi pasar. Perubahan harga komoditasi didukung oleh kegiatan spekulatif berskala besar. Alih-alih penjinakan spekulan dan berisi kenaikan harga pangan dan bahan bakar, peran IMF adalah untuk memastikan bahwa pemerintah negara-negara berkembang berhutang tidak akan mengganggu dengan cara apapun mekanmisme pasar bebas. Kenaikan harga pangan merupakan hasil manipulasi langsung (bukan kelangkaan) memiskinkan orang di seluruh penjuru dunia. Lonjakan harga pangan merupakan fase baru dari proses pemiskinan global. Penghapusan subsidi pangan dan bahan bakar di Tunisia dan Mesir telah diminta oleh IMF. Pangan dan bahan bakar harga meroket, orang-orang miskin, dan membuka jalan terhadap pergerakan Januari 2011 protes sosial. IMF mendorong pemerintah Mesir untuk menekan lebih lanjut dengan reformasi subsidi pangan dan bahan bakar, dan menyambut niat mereka untuk meningkatkan efisiensi dan sasaran program subsidi pangan serta mendukung Hosni Mubarak untuk memperluas program privatisasi yang berakhir dengan kejatuhan rezim Mubarak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: