Richard Gere Ziarahi Borobudur

19 Jun

Richard Gere Muda

Aktor tenar Hollywood yang juga seorang Buddhist dan aktivis pro-Tibet, Richard Gere, akan mengunjungi Borobudur pada 25-26 Juni. Candi Buddha terbesar ini sekaligus sebagai perjalanan spiritualnya dalam rencana mengunjungi semua situs Buddha di seluruh dunia. Kunjungan Gere sangat istimewa pada tahun ini karena bertepatan perayaan 1.000 tahun kedatangan Atisha, 100 tahun perayaan restorasi modern terhadap Candi Borobudur, 200 tahun Raffles menemukan Candi Borobudur, 20 tahun pencanangan UNESCO, perayaan 50 tahun lalu Presiden Soekarno membuka pentas Ramayana.

Atisha adalah pendeta dari Benggala yang membawa gelombang Buddha ke Tibet. Pada tahun 1011 ia belajar Buddha di Sriwijaya. Tahun 1012, Atisha mengunjungi Candi Borobudur. Ajaran yang ada di Candi Borobudur ia bawa ke Tibet. Jadi akar ajaran Buddha di Tibet sampai sekarang ini asalnya dari Candi Borobudur. Saat itu gelombang pertama Buddha di Tibet tidak terarah. Untuk meluruskan ajaran di Tibet, Raja Tibet melakukan perjalanan untuk mencari pendeta yang bisa mengajar di Tibet. Sayangnya, Raja Tibet meninggal di dalam tahanan saat tertangkap musuh di perjalanan. Tekad ini terdengar oleh Atisha dan berdedikasi melakukan ajaran ke Tibet. Saat mau ke Tibet, Atisha mendapat ilham bahwa harus ke Sriwijaya. Ia ke Sriwijaya tahun 1011 Masehi.

Selama 12 tahun pendeta Atisha belajar di Sumatera dan Candi Borobudur yang mayoritas beraliran Buddha Vajrayana, disamping itu ada pula aliran Buddha Hinayana dan Buddha Mahayana. Ada satu ajaran yang diterapkan banyak aliran di Tibet, itu hasil ajaran Atisha aliran Vajrayana yang belajar di Indonesia Kuno. Memang pada masa jayanya kerajaan Siwijaya merupakan sentra peradaban dan perkembangan agama Buddha Vajrayana sebelum akhirnya dihancurkan pasukan ekspedisi raja Rajendra Cola I dari India Selatan pada tahun 1025 kemudian dianeksasi kerajaan Singhasari dengan ekspedisi Pamalayu pada 1178.

Mantan suami supermodel Cindy Crawford ini pernah mengunjungi daerah asal Sang Buddha di Nepal pada 1978. Karena keteguhannya dalam beragama Buddha, Richard Gere sangat commit membela Dalai Lama yang mengungsi ke India dan aktif mendukung kemerdekaan Tibet dari pendudukan RRC. Oleh karena itu pemerintah komunis RRC secara permanen melarangnya memasuki negeri Tiongkok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: