Mahasiswa dan Mahasiswi Tertua Sedunia

18 Jun

Ada pepatah orang Indonesia, belajar itu dari buaian di kandungan hingga liang lahat. Namun angka buta huruf tidak pernah terhapus dari sejarah republik ini. Apalagi menemukan kakek atau nenek yang masih mau belajar hingga mendapatkan gelar sarjana, mustahil rasanya. Namun pepatah orang Indonesia malah dipegagang penduduk AS. Seorang kakek bernama Leo Plass, pria asal Redmond, Oregon, Amerika Serikat berhasil meraih gelar sarjana dari Eastern Oregon University, La Grande, pada 11 Juni lalu dalam usia 99 tahun. Prestasi Leo Plass sekaligus meruntuhkan rekor manusia tertua, yang berhasil meraih gelar sarjana yang disandang oleh Nola Ochs. Nola berhasil meraih gelar sarjana dari Gubernur Kathleen Sebelius, Fort Hays State, 77 tahun kemudian setelah dia masuk tahun pertama kuliah pada 1930. Saat meraih gelar sarjana, Nola Ochs berusia 95 tahun.

Atas desakan kemenakan pria itu, Eastern Oregon University yang dulu bernama Eastern Oregon Normal School memeriksa karya tulis Plass. Berdasarkan ketentuan yang diperbarui, Plass dinyatakan memenuhi syarat untuk meraih gelar setingkat sarjana. Leo Plass meninggalkan bangku kuliah pada tahun 1930-an. Pada 79 tahun kemudian, Plass kembali ke kampus yang telah berubah banyak sejak dia tinggalkan terakhir, untuk meraih gelar sarjana.

Warga Redmond, Oregon, yang akan berusia 100 tahun pada 3 Agustus 2011 ini mengaku tidak memiliki keinginan atau rencana khusus untuk meniti karier lain dengan gelar barunya tersebut. Ia mengatakan tak menyesal karena meninggalkan perguruan tinggi untuk bekerja. Setelah keluar dari bangku kuliah, Leo Plass kemudian bekerja di sebuah pabrik mantel dan mendapat uang dua kali lipat dari uang kuliah dari pemerintah, 400 dollar, pada masa itu. Dia terlena dengan gaji besarnya dan benar-benar meninggalkan bangku kuliah satu semester sebelum lulus.

Nenek satu ini dengan 4 anak 13 cucu dan 15 cicit satu ini dikenang bukan karena kehebatannya melainkan kegigihannya. Adalah Nola Hill Ochs masuk ke dalam menjadi mahasiswi sarjana tertua pada usia 95 tahun. Mbah putri Nola dilahirkan oleh pasangan Olly Hill dan Ethel Hill pada 22 November 1911, tumbuh besar di lingkungan peternakan di Ainsworth, Nebraska. Waktu remaja setiap hari diberi tugas mengumpulkan sekeranjang tongkol jagung untuk pemanas dan memasak. Orangtuanya mendidik Nola supaya rajin, jujur, dan rapi. Salah satu yang masih diingat nenek Nola saat umur 6 tahun,  turun ke kota naik kereta mengantar ayahnya mendaftarkan diri sebagai sukarelawan mobilisasi umum Amerika Serikat dalam Perang Dunia I. Hal tersebut mengajarkan dalam dirinya terhadap kewajiban dan patriotisme.

Di tahun 1927 keluarga Hill pindah ke peternakan dekat Dodge City, Kansas. Nola tinggal dengan keluarga yang berdiam di kota dan lulus dari Dodge City High Scholl pada 1929. Mengikuti jejak ibunya, Nola lulus ujian mengajar dan menjadi guru di sekolah Hodgeman County selama 4 tahun sebelum akhirnya menikah dengan Vernon Ochs. Di era 30-an, 40-an, dan 50-an, tidak wanita bekerja di luar rumah, kenang mbah Nola. Di era resesi dunia dekade 30-an, untuk bertahan hidup dia harus memerah susu 9 ekor sapi tiap hari dan disibukkan dengan 4 orang anaknya. Sampai suatu ketika suaminya meninggal tahun 1972, Nola berkeinginana untuk keluar dan terlibat lebih intens dengan publik. Menurutnya kuliah merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk dikerjakan. Janda tua itu akhirnya mendaftar kuliah di Dodge City Community College, Dodge City, Kansas pada tahun 1978 pada umur 68 tahun. Setiap tahun, nenek Nola mengambil satu atau dua kelas.

Pada tahun 1988, salah seorang profesor Nola menyampaikan bahwa  jika dia selesaikan pelajaran aljabar, dia akan punya cukup kredit untuk meraih sarjana muda. Tetapi nenek Nola tidak malu atau berhenti sampai sarjana muda saja. Dia melanjutkan studinya ke Fort Hays State University dengan keinginan untuk mendapatkan gelar sarjana penuh. Jarak dari rumahnya ke FHSU di Fort Hays, Kansas, sekitar 110 miles. Kemudian pada 2004 nenek Nola berkirim email ke penasihat akademik Fort Hays State University hendak mentransfer kredit kuliahnya dari Dodge City Community College. Dia juga menyebutkan bahwa dia dulu pernah kursus korespondensi di situ saat tempat tersebut masih bernama Kansas State College. Penasihat akademik itu mencari berkas file dan mengecek transkripnya dan bingung membaca tanggal kursus korepondensi Nola Ochs tahun 1930 dan terkejut melihat tanggal lahirnya 1911.

Pada musim gugur 2005 mengepak komputer, baju dan bukunya, pindah ke asrama kampus FHSU, untuk menyelesaikan studinya guna mendapat gelar sarjana penuh di studi umum sejarah. Dia menjadi mahasiswi pada usia 94 tahun. Dia kuliah satu kelas dengan cucunya yang berusia 21 tahun. Berjalan di kampus dengan rambut putih dan keriput, nenek Nola menjadi sangat populer di kampus. Teman kelas memberi dia kejutan ketika berultah yang ke 95. Selama kuliah dua semester, nenek Nola mendapat IPK 3,7 dan menyelesaikan lebih dari 100 paper dan esai. Profesornya memberi nila A plus terhadap salah satu paper Nola dan menjadikannya sebagai contoh bagaimana membuat paper yang baik. Pada saat wisuda sarjana 14 Mei 2007, hadir 35 anggota keluarga nenek Nola dengan kaos bertuliskan “Nola’s #1 Fan”. Ijazah sarjana Nola Ochs langsung diberikan oleh Gubernur Kansas, Kathleen Sebelius.

Jauh sebelum Nola Ochs berhasil menyabet gelar sebagai manusia peraih gelar sarjana tertua sejagat, gelar tersebut telah diraih oleh Allan Stewart yang berasal dari Australia. Allan yang lahir pada 7 Maret 1915 ini berhasil meraih gelar sarjana hukum dari University of New England, New South Wales, Australia, pada usia 91 tahun 214 hari.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: