Strauss Kahn Dijebak, Menjaga Kontrol AS atas IMF

30 Mei

Segera setelah penangkapan Strauss Kahn, Washington mengeluarkan tekanan untuk mempercepat penggantiannya sebagai Managing Director IMF. AS membidik orang Amerika sendiri bukan berasal dari Eropa, atau bisa juga dari negara yang ekonomi pasar sedang tumbuh atau negara berkembang yang bisa dikendalikan Washington. Sejak berdirinya lembaga Bretton Woods tahun 1945, Bank Dunia telah dipimpin oleh seorang Amerika sedangkan IMF telah berada di bawah pimpinan orang Eropa. Strauss-Kahn adalah anggota dari kelompok elit dan dikategorikan sebagai salah satu orang di dunia yang paling berpengaruh. Dia cenderung sebagai seorang akademisi dan politisi daripada seorang bankir. Berbeda dengan pendahulunya di IMF, ia tidak memiliki afiliasi langsung ke perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Dia memiliki dosa besar yaitu berusaha mendorong reformasi di IMF yang mau tidak mau berarti mengurangi peran AS di dalamnya. Tersingkirnya Strauss-Kahn berpotensi memperkuat hegemoni Amerika Serikat dan kendali atas IMF dengan mengorbankan apa yang mantan Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld disebut “Old Europe”. Bisa jadi bagian dari strategi AS menghadapi RRC di 5 tahun mendatang karena IMF sendiri sudah membuat estimasi bahwa perekonomian RRC akan memimpin dunia menggantiakan AS pada waktu 5 tahun lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan besar telah terjadi di politik Eropa. Pemerintah Pro-Amerika telah terpilih di Prancis dan Jerman. Kelompok Sosial Demokrat telah melemah. Hubungan Franco-Amerika telah didefinisikan ulang, dengan Washington memainkan peran penting dalam perubahan generasi baru politisi Eropa. Presiden Nicolas Sarkozy, dalam banyak hal kebijakan luar negeri nya secara de facto melayani kepentingan luar negeri AS. Sama persis waktu Inggris di bawah Tony Blair.

Ada dua isu utama dalam rencana penjebakan Strauss Kahn. Yang berkaitan pertama untuk mengubah rezim di IMF, yang kedua untuk Strauss-Kahn sebagai calon dalam pemilihan presiden Perancis mendatang. Kedua proses ini berkaitan dengan perrsaingn AS dan kepentingan ekonomi Eropa termasuk kontrol atas sistem mata uang euro dan persaingan terhadap sistem mata uang dollas AS. Strauss-Khan sebagai favorit Partai Sosialis, akan diprediksi memenangkan pemilihan presiden atas Nicolas Sarkozy. CIA memainkan peran penting dalam kestabilan partai Gaullist dan mendukung pemilihan Nicolas Sarkozy. Jika Strauss-Kahn terpilih dan kelompok Sosialis menguasai pemerintahan akan menjadi kemunduran serius bagi Washington, akan berkontribusi dalam perubahan besar dalam hubungan Franco-Amerika. Ini memberikan kontribusi melemahnya peran Washington di papan catur politik Eropa, menyebabkan pergeseran keseimbangan kekuasaan antara Amerika dan Old Europe (yaitu aliansi Franco-Jerman). Hal itu akan memiliki dampak pada struktur internal dari Aliansi Atlantik dan peran hegemoni Amerika Serikat dalam NATO.

IMF selama ini merupakan arsitek utama dari reformasi ekonomi yang memiskinkan jutaan orang sekaligus menciptakan sebuah lingkungan yang menguntungkan bagi investor asing dalam perekonomian negara dunia ketiga yang berupah rendah. Dominique Strauss Kahn tiba di kemudi IMF pada bulan November 2007, kurang dari setahun sebelum krisis keuangan Wall Street pada September-Oktober 2008. Dalam kepemimpinan Staruss Kahn, IMF memberiakan pengobatan shock terapy, yang secara historis telah diberikan terbatas pada negara-negara berkembang, dikenakan kepada Yunani, Irlandia dan Portugal. IMF juga menuntut negara-negara berkembang menghapus subsidi pangan dan bahan bakar pada saat kenaikan bursa harga komoditas New York dan Chicago. Kenaikan harga pangan dan bahan bakar, yang mendahului krisis Wall Street September-Oktober 2008, sebagian besar hasil manipulasi pasar. Perubahan harga komoditasi didukung oleh kegiatan spekulatif berskala besar. Alih-alih penjinakan spekulan dan berisi kenaikan harga pangan dan bahan bakar, peran IMF adalah untuk memastikan bahwa pemerintah negara-negara berkembang berhutang tidak akan mengganggu dengan cara apapun mekanmisme pasar bebas. Kenaikan harga pangan merupakan hasil manipulasi langsung (bukan kelangkaan) memiskinkan orang di seluruh penjuru dunia. Lonjakan harga pangan merupakan fase baru dari proses pemiskinan global. Penghapusan subsidi pangan dan bahan bakar di Tunisia dan Mesir telah diminta oleh IMF. Pangan dan bahan bakar harga meroket, orang-orang miskin, dan membuka jalan terhadap pergerakan Januari 2011 protes sosial. IMF mendorong pemerintah Mesir untuk menekan lebih lanjut dengan reformasi subsidi pangan dan bahan bakar, dan menyambut niat mereka untuk meningkatkan efisiensi dan sasaran program subsidi pangan serta mendukung Hosni Mubarak untuk memperluas program privatisasi.
Jadi dalam membaca kasus yang tampaknya sengaja diekpos besar-besaran ke media jangan dimakan mentah-mentah. Ada sesuatu dibaliknya, kalau dimakan mentah-mentah berarti sudah terikut dalam grand scenario yang sudah direncanakan. Tidak semuanya termuat dalam media massa, ada hidden scenario.

Satu Tanggapan to “Strauss Kahn Dijebak, Menjaga Kontrol AS atas IMF”

  1. muslimshares 1 Januari 2012 pada 8:28 AM #

    nice blog gan
    kalo berkenan mampir ke blog ane yuk sekalian tukeran link.

    salam,
    muslimshares
    http://muslimshares.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: