Membuat CD Restore Windows dengan Paragon (Using Paragon to Create Windows Restore CD)

20 Jul

Tidak jarang OS Microsoft Windows yang menghuni komputer kita ngadat karena berbagai faktor misalnya terkena virus, ada file critical windows yang terhapus, dan sebagainya. Tentu kita harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk install ulang windows. Apalagi banyak software aplikasi yang telah kita install ataupun harus berburu waktu mengejar deadline pekerjaan. Salah satu cara praktis adalah dengan me-restore windows ke kondisi sebelum error dengan cd recovery. Tetapi untuk kebanyakan komputer desktop maupun laptop yang harganya relatif murah biasanya tidak dilengkapi dengan CD Restore. Kalaupun ada pun restore nya adalah ke posisi default windows. Dengan memakai software manajemen partisi Paragon, kita bisa memback up OS Microsoft Windows beserta software aplikasi yang telah dipasang dan membuat CD Restore untuk mengembalikan kondisi komputer kita jika ada masalah dengan OS nya.
Langkah pertama. Pastikan komputer anda bersih dari segala virus, terutama pada partisi di mana berada microsoft windows. Anda bisa menggunakan AV yang gratisan seperti PCMAV, AVI/Ansav ataupun yang berbayar seperti Symantec Norton, Kaspersky, dan sebagainya.
Langkah kedua. Instal Paragon partition manager, pada bahasan ini kita memakai contoh Paragon Partition Manager 9.0 Professional.
Langkah ketiga. Eksekusi Paragon sehingga masuk menu utama. Pilih menu Backup and Rescue.
Klik Simple backup sehingga anda menemui wisaya (wizard).

Ikuti wizard dan klik next untuk menentukan apa aja yang akan anda back up. Bisa berupa partisi harddisk ataupun folder/file. Dalam konteks bahasan kita untuk memback up sistem operasi windows, centang partisi di mana sistem windows telah diinstal. Contoh yang saya berikan adalah microsoft windows xp home edition. Pada gambar di bawah ini, saya centangin partisi logical C. Jangan ketinggalan centang juga Master Boot Record (MBR). Maka semua file dan MBR di partisi C akan diback up dengan perkiraan besarnya 12,2 GB.

Klik next untuk menentukan lokasi di mana back akan ditaruh. Simpanlah file back up windows di partisi yang kapasitasnya memadai. Jangan ditaruh di partisi C atau partisi yang ada OS windows aktif.
Setelah anda yakin space harddisk komputer anda cukup, klik next untuk memulai operasi back up. Tunggu sampai selesai.
Klik finish jika sudah selesai. Kini anda telah membackk os windows anda dengan nama default paragon yaitu waktu dan tanggal.
Langkah keempat. Buatlah media restore sistem komputer anda, pada main menu backup and rescue pilihlah submenu burn rescue kit sehingga anda menjumpai wizard recovery media builder. Klik next untuk melanjutkan.

Anda akan menjumpai pilihan media recovery. Media floppy disk (disket) sudah jarang dipakai, sulit dijumpai di pasaran dan lebih mudah rusak. Sedangkan DVD tidak efisien karena ukuran media recovery yang akan kita buat ukurannya tidak sampai ratusan MB. Jadi pilihlah media CD yang merupakan pilihan efektif dan efisien.

Masukkan CD kosong ke dalam drive CDRW komputer anda dan tunggu hingga proses burning selesai kemudian simpan baik-baik CD recovery windows anda sampai suatu saat anda memerlukannya saat komputer anda bermasalah pada OS nya misalnya tidak bisa booting windows karena ada suatu file sistem yang terhapus, terserang virus, atau listrik mati mendadak.

Langkah kelima
. Diasumsikan anda akan me-restore windows komputer anda, masuklah ke bios dan setting prioritas booting pertama ke drive optical atau CDROM. Masukkan CD restore windows ke dalam tray dan booting komputer anda. Setelah masuk ke menu recovery arahkan sumber rrecovery ke arah back up windows yang telah anda simpan ke dalam komputer anda dan tunggu hingga proses recovery selesai. Maka komputer anda telah dikembalikan ke kondisi saat windows anda back up.

Iklan

Satu Tanggapan to “Membuat CD Restore Windows dengan Paragon (Using Paragon to Create Windows Restore CD)”

  1. revan 5 April 2013 pada 10:37 PM #

    terima kasih banyak atas penjelasanya.. ahirnya saya bisa menyelesaikan tugas laporan prakerin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: