Instal Ulang Ponsel BlackBerry

4 Jan

Sebulan yang lalu penulis mendapat pengalaman pahit perihal instal ponsel BlackBerry Curve 8520 Gemini. Ponsel tersebut masih berbasis OS BlakBerry 4.6 berbahasa Inggris. Dibawalah si Gemini ini ke counter ponsel terkemuka di kota Pangkalan Bun. Toko ponsel tersebut sangat beken, spesialis BlackBerry dan Android. Sesuai permintaan, Geminiku diinstal OS BlackBerry berbahasa Indonesia, operator toko bilang sekaligus diupgrade ke versi OS Blackberry seri 5. Hampir satu jam menunggu akhirnya selesai sudah dan penulis merogoh kocek seratus ribu buat ongkosnya. Sesampai di rumah, BlackBerry lama wajah baru itu dibuka-buka, habis penasaran kayak apa OS BlackBerry seri 5. Terdapat perubahan ikon menu dan salah satunya adalah tidak adanya ikon pengunci seperti di OS BlackBerry seri 4. Padahal ikon pengunci adalah andalan penulis untuk mengunci dan membuka kuncian keypad. Sebab tombol release kuncian di sisi atas ponsel Gemini punya penulis telah rusak, knopnya lepas dan hilang. Alhasil dengan OS BlackBerry seri 5, ponsel Geminiku tidak bisa terkunci. Bisa saja mengunci dengan menekan tombol keypad yang ada simbol kunci selama 2 detik. Namun membuka kunciannya tidak bisa kecuali dengan merestart ponsel. Daripada kembali ke toko ponsel buat men-downgrade OS sembari mengelurkan duit seratus ribu mending diinstal ulang atau di-flashing sendiri. Lagian tidak fitur di dalam OS BlackBerry seri 5 yang diperlukan penulis, OS BlackBerry seri 4 sudah lebih dari cukup. Cuma ingin merubahnya menjadi bahasa Indonesia.

BlackBerry Curve 8520 Gemini

Instal ulang software sistem operasi ponsel BlackBerry tipe apapun sebenarnya cukup mudah, siapapun anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Pada prinsipnya metode yang dipakai sama, terpenting adalah memiliki software yang diperlukan dan sabar dalam proses flashing. Pertama, perangkat keras yang diperlukan adalah komputer berupa desktop atau laptop (notebook). Penulis memakai notebook beserta kabel koneksi USB BlackBerry. Kedua, perangkat lunak yang dibutuhkan yaitu software yang berfungsi membackup dan mengintal ulang OS ponsel BlackBerry.   Penulis memanfaatkan software Desktop Manager BlackBerry  untuk memback-up data ponsel BB seperti kontak, sms, isi BBM dan kontent aplikasi lainnya. Perangkat lunak Desktop Manager BlackBerry biasanya disertakan dalam paket pembelian handset.Versi berapa saja bisa, penulis memakai DM BB versi 5, agak lawas memang tapi cukup. Instal program tersebut dan lakukan langkah backup.

Desktop Manager BlackBerry v5

Berikutnya software BlackBerry Swiss Army Knife (BBSAK) untuk memback-up program aplikasi yang terinstal pada handset serta berfungsi buat memformat (wipe) memori handset. Instal program tersebut dan lakukan langkah Backup Apps namun jangan lakukan Wipe. Piranti dari pihak ketiga ini bisa anda cari dan unduh di situs repo.antihackerlink.or.id.

BlackBerry Swiss Army Knife

Kemudian satu piranti lunak lagi yang diperlukan adalah OS BlackBerry yang anda perlukan. Penulis perlu OS BlackBerry 4 yang berbahasa Indonesia. Penulis menemukannya di situs resmi BlackBerry di bagian download versi 4.6 dari provider Indosat. Unduh piranti lunak tersebut hingga selesai lalu instal di komputer / laptop. Selesai instal OS BlackBerry 4.6 Indosat, cek di c:\program files\common files\Research In Motion\AppLoader. Hapuslah file Vendor (XML Document), seperti yang tercantum di gambar ilustrasi.

Instalasi OS BB di komputer

Jika semua prosedur di atas sudah tuntas maka handset BB anda siap untuk diformat (Wipe Device). Dengan menggunakan piranti lunak BBSAK serta handset BB tersambung dan terdeteksi dengan baik, eksekusilah tombol Wipe Device. Tunggu hingga selesai. Jika selesai maka BB akan start sendiri dan layar menjadi warna putih dengan tulisan hitam ditengah, lihat gambar ilustrasi.

Kondisi ponsel BB setelah diformat (wipe)

Langkah berikutnya adalah menginstal OS BlackBerry 4.6 yang terinstal di komputer ke handset BB. Eksekusilah file c:\program files\common files\Research In Motion\Loader (Handheld Application Loader) hingga muncul wisaya Application Loader BalckBerry. Baca dan cermati dengan baik langkah-langkah yang ditunjukkan wisaya (wizard) hingga selesai proses instal OS ke dalam ponsel BB. Jika sudah selesai maka ponsel akan restart dan hidup kembali dalam posisi sudah terinstal OS BlackBerry yang barusan anda isikan. Langkah berikutnya adalah mengupdate data dari backup yang anda simpan di langkah-langkah awa. Pertama, dengan piranti lunak BBSAK lakukan langkah Restore Apps untuk memasang kembali porgram aplikasi yang dibackup sebelumnya dengan program BBSAK ini juga. Lantas dilanjutkan dengan merestore data aplikasi yang dibackup dengan piranti lunak Desktop Manager BalckBerry. Periksa kembali semua aplikasi dan data di dalam ponsel secara manual. Sempurnakan dengan mengupdate sendiri secara manual program yang terinstal. Tidak semuanya bisa direstore dengan sempurna. Selamat mencoba, semoga pengalaman pribadi penulis bermanfaat bagi pembaca.

About these ads

2 Tanggapan to “Instal Ulang Ponsel BlackBerry”

  1. choqsyudtz 1 Juli 2012 at 2:10 PM #

    bagai mnacara biar bb nya normal lagi

    • iwan 26 Juli 2012 at 11:18 AM #

      mas instal tanpa online internet bs gk ya ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: