Krisis Syria Akan Menjadi Libya Kedua?

18 Jun
Pemberontak Syiria, AFP

Media mainstream internasional semakin santer mengarahkan opini public bahwa pemimpin Syiria makin terdesak oleh tuntutan rakyatnya untuk mundur dan pemberontakan bersenjata telah menjalar ke seluruh negeri dan dunia internasional diperlukan untuk membantu perlawanan rakyat Libya seperti hanya terjadi saat ini di Libya. Apa yang diungkap media mainstream tidaklah selalu mencerminkan kondisi sebenarnya, banyak melayani kepentingan pemerintahan Negara-negara besar berselimut kepentingan bisnis. Menhan AS Robert Gates menyatakan pada 25 Maret 2011 bahwa ada 3 rezim represif yang harus diganti yaitu Syiria, Libya, dan Iran. Namun jauh-jauh hari sebenarnya rencana perubahan rezim represif namun berani menentang kepentingan AS sudah direncanakan jauh hari. Jenderal Wesley Clark dalam bukunya Winning Modern Wars menulis bahwa pada saa ia kembali ke Pentagon pada November 2001, salah seorang staff senior berkata bahwa mereka tengah mengarah dalam military roadmap, sebuah rencana lima tahunan, menyasar pada 7 negara yang meliput Irak, kemudian Syiria, Lebanon, Iran, Somalia, dan Sudan.

Apa yang direncanakan tadi telah terjadi seperti pendudukan Irak pada tahun 2003. Selanjutnya saat ini yang tengah terjadi di Libya dan tanda-tandanya telah dimulai di Syiria. Sejumlah pejabat Gedung Putih mengakui bahwa mereka tengah meningkatkan kontak dengan tokoh-tokoh oposisi Syiria dalam upaya mengganti rezim yang ada dalam skema demokratisasi negara oligarkhi Bashar El Ashad. Syiria, salah satu negara Arab yang diakui memiliki sejarah pemerintahan tiran dalam sejarah Arab, kebanyakan negara-negara Arab sepertimjuga negara Arab yang menjadi sekutu AS seperti Mesir, Arab Saudi, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Oman. Sementara AS dan Inggris menutup mata terhadap fenomena yang lebih riil seperti Bahrain yang terang terjadi penindasan demonstran Oleh aparat Bahrain dengan bantuan pasukan Arab Saudi. Penduduk Bahrain yang banyak beraliran Syiah memprotes represi keluarga Al Khalifa yang menguasai pemerintahan sejak zaman kolonial Inggris dan sangat loyal terhadap Barat bahkan menjadi syurga kaum elit bangsawan Arab dalam melampiaskan nafsu birahinya di Bahrain, kontras dengan kultur religius masyarakatnya.

Meski Syiria termasuk berezim represif sebagaimana negara Arab lainnya namun dalam menghadapi masalah Palestina termasuk yang paling depan seperti Iran dan Libya bahkan sebagian wilayahnya dicaplok Israel dalam Perang Enam Hari 1967 hingga sekarang serta memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap setengah juta pengungsi Palestina dalam hal kesehatan, pendidikan, dan perumahan dibanding negara Arab lain seperti Yordania dan Lebanon, apalagi Mesir. Sekarang ini pun Syiria menampung sekitar satu setengah juta pengungsi Iraq pasca pendudukan AS yang memicu perang saudara sektarian. Menambah berat beban ekonomi penduduk Syiria yang 18 juta jiwa. Diamini bahwa gerakan Inggris dan AS di Syria bukan semata-mata karena alasan demokratisasi namun tidak lebih untuk membuat pemerintahan boneka yang mau melayani Barat termasuk Israel terutama kepetingan minyak dan gas alam.

Pertikaian di Syiria yang dilaporkan berkisar pada kota-kota dekat perbatasan yang dapat mudah diduga merupakan infiltran asing. Seperti di kota kecil Jisr Al Shughour, 10 km dari perbatasan Turki, kemudian Darrra, sekitar 10 km dari perbatasan Jordania, yang banyak menewaskan aparat Syiria dan penyusup. Sementara itu demonstrasi pro- Bashar di Damaskus malah diputarbalikkan sebagai demonstrasi menentang Bashar el Ashad. Kejaadian-kejadian seperti di atas sangat mirip dengan yang dialami Libya menjelang pecahnya perang saudara di Libya di mana pasukan pemberontak dibantu NATO melawan pemerintahan Tripoli di bawah Qadafi. Apakah nasib Syiria akan menjadi seperti Libya?

About these ads

Satu Tanggapan to “Krisis Syria Akan Menjadi Libya Kedua?”

  1. http://bing.com 16 Februari 2013 at 2:06 AM #

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: